Kamis, 09 Januari 2014

Ciptakan Daerah Yang Bersih Dengan Menghidupkan Kembali Semangat Gotong Royong


UNTUK menciptakan daerah yang bersih, asri dan sejuk, masyarakat diminta untuk kembali menghidupkan kegiatan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dikatakan Bupati Pidie Sarjani Abdullah pada acara antar tugas Camat Safrizal, SSTP, M. Ec. Dev, sebagai camat baru di Kecamatan Tiro, Rabu 8 Januari 2014

Masyarakat juga diajak untuk selalu mendukung dan memberikan masukan positif kepada camat yang baru sehingga roda pemerintahan dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.


Aparatur Pemerintah kata Bupati mempunyai tugas sebagai pemberi pelayanan terhadap publik dan dituntut untuk dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat sebagaimana yang telah diatur dan dituangkan dalam aturan yang berlaku.

"Tantangan demi tantangan haruslah dapat kita hadapi bersama, masyarakat sering bertanya, apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah demi memperlancar pelayanan terhadap masyarakat, pertanyaan tersebut haruslah dijawab dengan kerja nyata" ujarnya.

Menurutnya, Camat selaku perangkat daerah adalah ujung tombak pemerintahan di kecamatan, dituntut selalu siap memberikan pelayanan secara maksimal kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayahnya.

"Saudara harus senantiasa berada ditempat tugas, sehingga terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat," ungkapnya.

Bupati Sarjani mengatakan, kita semua menyadari bahwa, tugas yang emban ini tidaklah ringan, akan tetapi ini merupakan sebuah wujud kepercayaan yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, senantiasa memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Mengenai tuntutan organisasi modern kata Bupati yaitu bagaimana menggunakan segala sumber daya dan seni kepemimpinan yang ada, dengan sistem manajemen modern tanpa meninggalkan cara-cara konvensional yang dianggap handal dan legal, guna terwujudnya tujuan organisasi.

"Terwujudnya pemerintah yang bersih dan berwibawa, tidak terlepas dari peranan saudara sebagai seorang pimpinan di kecamatan," ujarnya.

Pada kesempatan itu ia mengajak semua aparatur pemerintah untuk terus meningkatkan kinerja dan tugas-tugas yang telah dibebankan. Kepada Camat yang baru, dia berpesan, untuk melakukan koordinasi yang baik dengan Unsur Muspika, semua Instansi pemerintah di kecamatan dan pemuka masyarakat, demi terwujudnya hubungan yang harmonis diantara seluruh komponen masyarakat yang ada di kecamatan.

Selain itu Bupati Sarjani menekankan beberapa hal, diantaranya, camat diminta untuk melakukan pembinaan terhadap aparatur pemerintah di kecamatan, terutama terhadap disiplin kerja, dengan memperhatikan jam kerja kantor, pakaian dinas lengkap dengan atribut dan juga melaksanakan pemantauan secara berkesinambungan terhadap aktifitas kerja dengan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak.

Kemudian Camat dituntut untuk bekerja secara profesional seiring dengan tuntutan dan keadaan zaman yang selalu mengalami perubahan dan pembaharuan. Melakukan koordinasi dengan Keujeuruen Blang dan Instansi terkait untuk menata pola tanam Padi serentak sehingga terhindar dari hama penyakit dan menghasilkan panen Padi yang maksimal.

Selanjutnya melakukan penertiban, baik itu penertiban areal pertokoan / perbelanjaan dan bahkan penertiban hewan Ternak di wilayah Kecamatan agar terlihat tertib dan nyaman.

"Dalam menyikapi segala persoalan yang timbul dalam masyarakat agar dihadapi dengan cermat, arif dan bijaksana melalui Duek Pakat atau bermusyawarah, sebelum persoalan tersebut naik ke tingkat Kabupaten," terangnya.

Kepada Camat Tiro yang buru, Safrizal, SSTP, M. Ec. Dev, Bupati mengucapkan selamat bertugas dan berkarya, dan kebada Camat sebelumnya, ia mengucapkan terimakasih atas kerja dan pengabdiannya selama ini.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar