Selasa, 14 Januari 2014

MenPAN Azwar Abubakar kunjungi Pidie


MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN
RB) Republik Indonesia, Azwar Abubakar, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pidie, kunjungan tersebut diterima di Pendopo Bupati Pidie, disambut langsung oleh Bupati Sarjani Abdullah, unsur Muspida dan sejumlah Kepala Satuan Perangkat Kerja Kabupaten Pidie, sekitar pukul 17:30 WIB, Senin , 13 Januari 2014.

Di Pendopo Bupati Pidie, Azwar Abubakar dan rombongan dijamu makan malam bersama dan dilanjutkan dengan temu ramah dengan jajaran aparatur pemerintahan dan sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Pidie.

Bupati Pidie Sarjani Abdullah dalam pidato sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pidie telah menetapkan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan menjadi prioritas dari pembangunan daerah ini sebagaimana telah tercantum di dalam Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten pada poin ke tiga, yaitu Mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih dengan menitikberatkan pada revitalisasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik .

Ia mengatakan, hal itu adalah wujud komitmen nasional untuk melakukan reformasi birokrasi, Sebagaimana telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025 yang mengamanatkan bahwa pembangunan aparatur negara dilakukan melalui reformasi birokrasi untuk mendukung keberhasilan pembangunan bidang lainnya.

Salah satu upaya yang telah dilakukan kata Sarjani adalah dengan menempatkan para pejabat sesuai dengan keahlian studi masing-masing, serta upaya menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, sungguh-sungguh.
Menurutnya, dengan berbagai upaya tersebut pelaksanaan reformasi birokrasi diharapkan dapat mengurangi dan akhirnya menghilangkan setiap penyalahgunaan kewenangan publik oleh pejabat di instansi yang bersangkutan, “dan menjadikan Kabupaten Pidie yang memiliki birokrasi yang bersih, mampu, dan selalu melayani masyarakat”. Ujarnya

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pidie juga telah berkomitmen menciptakan penegakan aturan-aturan kepegawaian, salah satunya dengan penegakan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mungkin dahulu masih kurang disiplin dengan berpakaian diluar aturan.

“Maka saat ini, PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie wajib memakai seragam sebagaimana diatur dalam undang-undang kepegawaian, dan kami juga akan menindak tegas para PNS yang tidak pernah hadir di kantor dan tidak akan segan memecatnya” ungkapnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia, Azwar Abubakar, dihadapan jajaran aparatur pemerintah Kabupaten Pidie memaparkan kondisi birokrasi di indonesia, sosialisasi Undang-Undang Sipil Negara, RUU Sistem Pengawasan Internal Pemerintah dan Sembilan Program Percepatan Reformasi Birokrasi.

Program percepatan Reformasi Birokrasi kata Azwar bertujuan untuk menciptakan birokrasi bersih, kompeten dan melayani. “Bersih dari KKN dan politisasi, kompeten terhadap tugas dan tanggungjawab yang diemban, melayani masyarakat dan dunia usaha atau investasi,” ujarnya .

Dia mengatakan, sembilan program tersebut meliputi, Penataan struktur organisasi pemerintah, penataan jumlah dan distribusi PNS, pengembangan sistem seleksi dan promosi secara terbuka, peningkatan profesionalisme PNS, pengembangan sistem pemerintahan elektronik yang terintergrasi, peningkatan pelayanan publik, peningkatan integrasi dan akuntabilitas kerja aparatur, peningkatan kesejahteraan pegawai negeri, serta peningkatan efisienasi belanja aparatur.

Dia mengajak semua jajaran pemerintahan untuk membenahi birokrasi, sebagai bagian dari langkah-langkah reformasi birokrasi di Indonesia. “Aparatur pemerintahan harus senantiasa belajar dalam rangka meningkatkan kompetensinya, dan terus berupaya memperbaiki dan memberi pelayanan terbaik kepada publik,” katanya.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar