Selasa, 17 Juni 2014

MTQ Pidie ke-33 dibuka Bupati Sarjani

BUPATI Pidie Sarjani Abdullah membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pidie ke-33 di Kecamatan Mane. Senin, 16 Juni 2014 acara pembukaan tersebut berlangsung sekitar pukul 21:00 Wib di lokasi Mimbar utama lapangan Bola Gampong Lutueng Kecamatan setempat.

Sebelum dilakukan pembukaan pada sore harinya terlebih dahulu digelar acara pawai taaruf kafilah dari 23 kecamatan peserta MTQ tingkat kabupaten Pidie. pawai tersebut turut dimeriahkan oleh lima ekor gajah terlatih dari ‎Crisis Respon Unit (CRU) yang bermarkas di Gampong Lutueng Mane.

Bupati Pidie Sarjani Abdullah mengatakan, Pendidikan agama merupakan modal dasar dalam mendidik para generasi muda, dan haruslah dapat terus dikembangkan sehingga lebih mengenal dan menumbuhkan rasa cinta terhadap Alquran

“Generasi muda kita haruslah dapat menjadikan Alquran sebagai landasan dan pedoman dalam segala aktifitasnya. untuk itu sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mengemban misi pengenalan Alquran bagi anak-anak kita,”ujarnya.

Ia berharap, MTQ tidak hanya menjadi ajang seremonial semata namun lebih dari itu dapat mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian, dan budi pekerti luhur.

Sementara itu Ketua Pelaksana MTQ Pidie ke-33, Tgk Mukhtar Ahmad, menerangkan ada enam cabang yang diperlombakan yaitu, cabang Tartil, Tahfid, Tilawah, Qiraah Sab'ah, Syarhil Quran dan Khattil Quran dengan jumlah peserta sebanyak 667 orang dan ditambah dewan hakim dari Kabupaten Pidie dan Provinsi Aceh sebanyak 47 orang.

ia menjelaskan, lokasi mimbar yang digunakan untuk lomba kegiatan MTQ tersebar di empat lokasi, masing-masing, Mimbar utama di lapangan sepakbola Lutueng, kemudian, mimbar satu di Masjid Blang Dalam Mane. Mimbar dua Masjid Lutueng dan cabang Khattil Quran dipusatkan di SMP Mane. Sedangkan rakerda Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) kata dia, dilaksanakan di Aula Kantor Camat Mane.

Menurutnya, semua kafilah diinapkan di rumah penduduk yang berdekatan dengan lokasi. “Kita berharap MTQ tersebut dapat berlangsung dengan baik dan dapat terlaksana sesuai dengan yang telah diagendakan," kata Mukhtar Ahmad.[]
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar