Jumat, 14 Februari 2014

RSU Tgk Chik Di Tiro Berbenah Menjadi Rumah Sakit Regional


Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Chik di Tiro Sigli merupakan Rumah Sakit Umum Daerah milik Pemerintah Kabupaten Pidie berlokasi di jalan Prof. A. Majid Ibrahim, sebelumnya pada tahun 1980/81 lokasi RSU ini berada di jalan RSU Lama Gampong Benteng Kecamatan Kota Sigli merupakan Rumah Sakit peninggalan Belanda ANNO 1916.

Pada tahun 1981/1982 RSU Sigli dibangun gedung baru di Gampong Lampeudeu Baroh berdasarkan Crass Program dan baru ditempati atau difungsikan bulan februari 1986 dengan type kelas D. Di atas tanah seluas 29.649 m2.

Dengan terjadinya perkembangan dimana pelayanan spesialisasi yang diberikan semakin komplit, dan RSU Sigli dijadikan sebagai pusat rujukan kasus di Kabupaten Pidie, juga digunakan sebagai lahan praktek bagi masiswa kesehatan, maka dengan keputusan Menkes R.I. No. 009.A/Menkes/SK/I/ 1993 RSU-Sigli berubah status menjadi rumah sakit kelas C dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dr. Adhyatma, MPH pada tanggal 11 februari 1993.

Pada 20 Agustus 2002 pemerintah Pidie mengeluarkan Qanun Kabupaten Pidie No. 35. Tahun 2002 maka struktur organisasi dan tata kerja RSU Sigli berubah menjadi Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Sigli (BPK RSU Sigli).

Selanjutnya dengan pemberlakuan PP 41 tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah, telah terjadi penggabungan maupun perampingan SKPD menyebabkan perubahan organisasi dan tata kerja, BPK RSU Sigli berubah nama menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pidie.

Kemudian pada 17 oktober 2012 lalu dengan keluarnya Keputusan Bupati Pidie Nomor 546 tahun 2012 tentang penetatapan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah pada rumah sakit umum daerah kabupaten pidie, maka RSUD Kabupaten Pidie secara resmi telah menjadi Badan Layan Umum Daerah

Pada tahun sama juga RSUD Kabupaten Pidie telah terakreditasi oleh tim akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) kementerian kesehatan RI untuk 5 pelayanan, meliputi: Pelayanan Medis, Pelayanan Keperawatan, Pelayanan IGD, Pelayanan Rekam Medic, dan Pelayan Administrasi dan Manajemen. Saat ini RSUD Kabupaten Pidie merupakan satu satunya rumah sakit yang terakreditasi dikabupaten Pidie.

Kini RSU Sigli berdasarkan qanun Kabupaten Pidie No 5 tahun 2013 tentang perubahan atas qanun Kabupaten Pidie No 5 tahun 2008. Telah memakai salah satu nama Pahlawan Nasional yang berasal dari Pidie, Tgk Chik di Tiro.

Dalam meningkatkan pelayanan dan kulitas kesehatan masyarakat di RSU ini, Pemerintah Aceh telah menjalin kerja sama dengan pihak Kreditanststalt fur Wiederaufbau Development Bank atau Bank Pembangunan Jerman (KfW Development Bank) untuk membangun rumah sakit yang lebih besar menjadi RSU regional.

Pada tahun 2013 lalu pemerintah telah melakukan pembebasan lahan seluas ,3 Hektar yang dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Pidie nomor: 386 Tahun 2013 Tanggal 24 September 2013, dana pembebasan lahan bersumber dana APBA 2013 sebanyak Rp. 18.000.000,000-.

Menurut Kepala Sub. Bagian Perencanaan RSUD Tgk. Chik di Tiro Sigli, Syahrial, M. Km, bahwa rencana pembangunan rumah sakit tersebut akan selesai dan siap digunakan pada tiga tahun ke depan atau Tahun 2017 nanti. Dia mengatakan, selama ini RSUD Sigli mengalami kewalahan dalam mengantisipasi membludaknya jumlah pasien atau pengunjung yang diperkirakan mencapai jumlah 300 orang per hari, padahal kapasitas yang disediakan saat ini kurang dari 300-an tempat tidur.

Kepala Sub Bagian Kepegawaian BLUD RSU Sigli, M. Nur, mengatakan, rumah sakit milik Pemerintah tersebut, saat ini miliki 15 spesialis penyakit dengan 26 tenaga dokter ahli dengan rincian, empat dokter gigi, empat dokter spesialis kebidanan satu diantaranya non PNS, dua spesialis bedah, dua pesialis mata, dua spesialis THT-KL, dua spesialis saraf, dua spesialis anak, selebihnya spesialis urologi, spesialis penyakait dalam, spesialis patologi klinik, spesialis bedah tulang, spesialis radiologi, spesialis anastesi, spesialis kulit dan spesialis kesehatan jiwa, masing masing satu orang dokter. []

Nama RSU: RSUD Tgk Chik Di Tiro Kabupaten Pidie
Nomor Kode RSU: 1109016
Kelas RSU: Kelas C (Kep Menkes RI No.009.A/Menkes/SK/ I/1993
Pola pengelolaan keuangan: PPK BLUD ( Keputusan Bupati Pidie Nomor 546 tahun 2012 tanggal 17 oktober tahun 2012
Akreditasi : 5 Pelayanan Lulus Tingkat Dasar (KARS SERT/841/VI/2012
Alamat : Jl. Prof. A. Majid Ibrahim, Tijue Sigli
Nomor telepon/fax: 0653 22282
e-mail: rsu_sigli@yahoo.com
jumlah tempat tidur: 238 Unit
Luas Lahan: 57.741.5 m2
Luas Bangunan: 18.600 m2
Pemilik/pengelola: Pemerintah Daerah Kbupaten Pidie
Pola Pengelolaan: PPK BLUD (Keputusan Bupati  Pidie Nomor 546 Tahun 2012)
Jumlah Penduduk: 443.718 jiwa

Motto: Dengan Nurani Mewujudkan Sehat

Fasiltas pelayanan yang dimiliki
  1. Instalasi gawat darurat
  2. Instalasi Rawat jalan: klinik Anak, Kilnik Penyakit Dalam, Klinik bedah (bedah Umum, bedah Orthopedi danbedah urologi),  Klinik Bidan dan penyakit Kandungan, Klinik Mata, Klinik THT, Klinik Saraf, klinik kulit dan Kelamin, Klinik Endokrin, Klinik Kesehatan Jiwa dan Klinik Gigi.
  3. Instalasi Rawat Inap: Ruang Rawat Kelas, Ruang Rawat Penyakit Dalam Pria, Ruang Rawat Penyakit Dalam Wanita, Ruang Rawat Saraf, Ruang rawat Anak, rawat Kebidanan, ruang rawat Bedah, Ruang Rawat Perinatologi, Ruang Rawat Mata, Ruang Rawat THT, Ruang Rawat Jiwa dan Kamar Bersalin.
  4. Ruang Rawat ICU
  5. Unit Haemodialisa
  6. Instalasi Bedah Sentral
  7. Pelayanan penunjang Medik: Instalasi Radiologi, Instalasi, Laboratorium, Instalasi farmasi, Instalasi Gizi, Instalasi Rehabilitasi Medik, Instalasi  Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit, Instalasi Kamar Jenazah
  8. Instalasi Diklat dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
  9. Fasiliatas Umum Rumah sakit: Kantin, Koperasi, Tempat Parkir
  10. Mushalla


Sumber: sub bagian data dan penyusunan Program, RSUD Kabupaten Pidie

Tulisan ini sudah terbit pada Pidie Buletin Edisi III Januari 2014
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar