Kamis, 13 Februari 2014

Hari Amal Bakti Kemenag, Ke 68 Wabup Iriawan, Pimpin Upacara


Keberadaan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pidie yang tunduk di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia diharapkan mampu melakukan berbagai upaya untuk mendukung program-progam pembangunan daerah. Hal itu dikatakan wakil Bupati Pidie, M. iriawan, SE saat memimpin upacara memperingati Hari Amal Bakti di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Pidie. Jum’at, 3 Januari 2014

Program pembangunan tersebut seperti yang tertuang dalam visi dan misi Pemerintah daerah Kabupaten Pidie salah satunya adalah peningkatan pengamalan nilai-nilai keislaman, sosial, dan budaya, reformasi birokrasi, supremasi hukum, tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta peningkatan kualitas pendidikan yang mendukung laju cepatnya pembangunan di Kabupaten Pidie.

Dengan momentum peringatan Hari Ulang Tahun Amal Bakti Ke 68 di Kabupaten Pidie, wakil Bupati M. Iriawan, mengajak segenap pegawai kementerian agama untuk meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur pemerintah, dan menjaga sikap amanah serta yang diimplementasikan
kepada Institusi dan masyarakat yang dilayani.

“Seseorang yang amanah menyadari bahwa Allah pasti menyaksikan setiap pekerjaan dan perbuatan yang dilakukan sehari-hari, bahkan segala yang terlnitas dihati manusia,” ujarnya.

Upacara memperingati hari amal bakti tersebut berlangsung di Halaman Tengah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pidie, turut dihadiri oleh Kapolres Pidie, Dandim 0102, Para Pimpinan SKPK, Para Kepala Sekolah, guru dan sejumlah pelajar di lingkungan kemenag kabupaten Pidie.

Wakil Bupati Pidie M. Iriawan, yang menjadi Inspektur upacara mewakili Bupati Pidie membacakan sambutan tertulis amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Suryadharma Ali, dengan tema “Mengabdi dengan Profesionalisme dan Amanah”.

Dikatakan, Kantor Kemeterian Agama  mendukung keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi untuk menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena profesionalisme dan Amanah dalam pelaksanaan reformasi birokrasi sangat penting bagi tercapainya keberhasilan pembangunan nasional, terutama dalam menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi kesejahteraan rakyat di seluruh tanah air.

Pada 3 Januari 1946, sejarah mencatat, bahwa enam puluh delapan tahun yang lalu, setahun setelah memperingati kemerdekaannya, Indonesia adalah negara pertama di dunia yang menangani urusan agama, “sehari setelah pembentukan Kementerian Agama, Menteri Agama K. H. M. Rasjidi, melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta, menyiarkan langsung ke seluruh dunia dengan menegaskan bahwa berdirinya kementerian agama adalah untuk memelihara dan menjamin kepentingan agama serta pemeluk-pemeluknya dan wajib melindungi rakyatnya dalam beragama sesuai dengan norma-norma konstitusi,” sebutnya.

Lebih lanjut Wabub mengatakan melalui tema tersebut, dia berharap kepada jajaran Pimpinan dan pegawai Kemeterian Agama di Daerah Kabupaten Pidie, pada posisi dan jabatan apapun wajib menciptakan birokrasi yang bersih serta bekerja dengan jujur, cerdas dan ikhlas, harus bersih dari ego sektoral dan hegemoni golongan, karena hal tersebut dapat merusak sistem birokrasi yang netral dan profesionalisme.

Selain itu, dia juga mengajak pegawai kementerian agama untuk tetap netral dalam
proses demokrasi yang sedang tumbuh dan berkembang di tanah air. Dan harus berdiri ditengah-tengah masyarakat, baik itu dalam proses pemilukada, maupun pemilihan umum dan pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2014 mendatang.

“saya minta keberpihakan pegawai kementerian agama hanya tegak lurus kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun Amal Bakti Ke 68 Kantor Kementerian Agama tersebut, menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag), Pidie, Drs. H. M. Jakfar, M. Nur, untuk memeriahkan acara, pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan lain berupa penyantunan anak yatim dan penyantunan pensiunan Pegawai Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Pidie, perlombaan cerdas cermat tingkatan TK, MI dan SD, MTs dan SMP, dan tarik tambang, serta donor darah. []
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar