Senin, 30 Desember 2013

RAPBK Pidie 2014 Rp 1,2 Triliun


HALAMAN Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie terlihat disesaki dengan kendaraan dinas milik para kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) dan sejumlah para undangan.
Pagi itu Jumat, 6 Desember 2013 lalu di gedung wakil rakyat sedang dilangsungkan sidang pembukaan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (RAPBK) Pidie, Tahun Anggaran (TA) 2014. Sidang dipimpin oleh ketua DPRK, Muhammad AR. S.Pd. I, turut dihadari oleh unsur muspida Pidie.
Wakil Bupati Pidie, M. Iriawan. SE, dalam pidato sambutannya mewakili Bupati mengatakan bahwa penyusunan RAPBK Pidie Tahun Anggaran 2014 berorientasikan pada anggaran berbasis kinerja yang terukur dalam mencapai target dengan mengedepankan transparansi efisiensi dan akuntabilitas.
Ia menyebutkan, bahwa dalam penyusunan RAPBK tahun ini dihadapkan pada tantangan ketidak pastian perkembangan perekonomian dunia yang berdampak pada perekonomian nasional secara makro, yang juga berefek pada perekonomian daerah.
Menurutnya kekuatan sumber daya yang dimiliki merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik, tantangan dan hambatan dapat diselesaikan dengan arif dan bijak untuk mendorong terwudnya pertumbuhan perekonomian daerah yang lebih baik. Hal tersebut dikatakan, demi terwujudnya pembangunan infra struktur yang terintegrasi dan merupakan salah satu indikator untuk terjaganya stabilitas daerah yang semakin kondusif.
“Oleh karena itu marilah kita mengambil langkah-langkah strategis secara tepat, terarah dan konkrit serta menyesuaikan dengan kondisi riel masyarakat kita,” ujarnya.
***
RAPBK Pidie tahun anggaran 2014 merupakan penjabaran lebih lanjut dari kebijakan umum APBD (KUA) serta prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) kabupaten Pidie 2014 yang telah disepakati dengan DPRK Pidie
Dengan mempertimbangkan kondisi objektif daerah saat ini dan perkembangan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja keuangan dan berdasarkan berbagai asumsi makro perekonomian daerah maka secara umum komposisi kapasitas fiskal RAPBK Pidie TA 2014 diusulkan Rp. 1,2 Triliun.
Dalam nota keuangan yang dibacakan dihadapan DPRK Pidie , wakil bupati menyebutkan dari sektor pendapatan asli daerah (PAD) ditargetkan sebesar Rp 86.203.941.333,- atau setara dengan 7.15 persen dari total pendapatan daerah.
Kemudian dana perimbangan ditargetkan sebesar Rp 839.172.947.255,- atau setara dengan 69.57 persen dari total pendapatan daerah. Sedangkan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah adalah sebesar Rp 280. 853.317.645,- atau 23.28 persen dari total pendapatan daerah.
Total pendapatan seluruhnya pada RAPBK TA 2014,sebesar Rp 1.206.230.206.233,-. Pendapatan tersebut dialokasikan untuk keperluan belanja daerah seperti biaya tidak langsung sebesar Rp 731.928.203.434,- sementara untuk biaya lansung Rp 468.002.002.799,- Dengan demikian jumlah anggaran belanja pada RAPBK TA 2014, sebesar Rp 1.199.930.206.233,- dengan nilai surplus sebesar Rp 6.300.000.000,-
“Selain RAPBK tersebut terdapat komponen pembiayaan daerah yakni penerimaan daerah pada pos sisa perhitungan anggaran sebelumnya Rp 5 Milyar, pengeluaran pembiayaan daerah pada pos penyertaan modal (investasi) pemerintah daerah sebesar Rp 11.3 Milyar,” sebutnya.
Agar pembahasan anggaran dapat berjalan dengan optimal, selama berlangsungnya masa pembahasan anggaran 2014, wakil bupati meminta semua SKPK untuk tetap tinggal di daerah, ”jika memang ada yang sangat mendesak agar terlebih dahulu dapat meminta izin kepada tim anggaran pemerintah kabupaten (TPAK) ataupun legeslatif,” kata M. Iriawan

Diakhir penyampaian nota keuangannya di hadapananggota dewan dan kepala SKPK yang hadir, dia mengharapkan masukan-masukan yang berkembang pada saat pembahasan anggaran nantinya akan mampu memberikan jawaban terhadap kebutuhan dasar mendesak yang dihadapi oleh masyarakat kita, sehingga APBK Pidie TA 2014 lebih aspiratif dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pidie.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar