Selasa, 01 April 2014

Bupati Sarjani Buka Rakor Pengurus Dayah Se-Kabupaten Pidie



Sebanyak 93 pimpinan Dayah di Kabupaten Pidie melaksanakan rapat koordinasi (rakor) di Aula kantor Dayah. Kegitan tersebut dibuka oleh Bupati Pidie Sarjani Abdullah. Selasa 1 April 2014.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan M. Room mengatakan, peserta terdiri dari 93 pimpinan atau pengurus dayah dan balai pengajian yang menerima bantuan dana pengembangan dayah dari dana otsus (otonomi khusus) 2014 dan juga bantuan dari APBK Pidie.

Sementara itu Kepala Kantor Dayah Kabupaten Pidie Drs. Ishak Ibrahim mengatakan bahwa dana bantuan untuk dayah dan balai pengajian sebanyak Tiga Milyar rupiah. Dana tersebut berasal dari dana Otsus 2014, dan diperioritaskan kepada dayah yang belum pernah menerima bantuan sebelumnya dan dia berharap kepada para pimpinan dayah untuk dapat mengelola dana tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perencanaan yang telah di tetapkan sebelumnya.

Bupati Pidie Sarjani Abdullah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten komit untuk tetap melakukan pembangunan pendidikan dayah.

“Dayah merupakan salah satu sarana pendidikan di Aceh yang telah ada sejak zaman dahulu, sebelum Belanda masuk ke Aceh.banyak pemimpin-pemimpin kita dahulu yang menuntut ilmu di dayah-dayah,” ujarnya
.
Bupati mengharapkan seluruh Teungku-teungku dayah di Kabupaten Pidie dapat terus menjaga keberlangsungan pendidikan di dayah, dan ini kata bupati adalah tanggung jawab kita bersama.

“Dayah merupakan tempat kita menuntut ilmu-ilmu agama dan tidak menutup kemungkinan di dayah juga mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan umum, karena Al-Quran merupakan sumber segala ilmu,” katanya.

Ia mengatakan, bantuan otsus yang diberikan kepada dayah merupakan wujud komitmen pemerintah kabupaten untuk terus mendukung segala program pendidikan dayah. Bupati Sarjani berharap anggaran yang telah diberikan itu dapat dikelola dengan baik dan dapat dilakukan pengawasan oleh kantor pembinaan pendidikan dayah di Kabupaten Pidie.

Turut hadir pada acara pembukaan rakor tersebut, Wakil Ketua. MPU Pidie Tgk. Muhammad AR, Asisten II Setdakab Maddan, SE, M, Si. Dan Kabag Humas dan Protokol Muhammad Harris.[]
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar